Rabu, 17 Juni 2009

OUT BOUND TPQ ROBBANI


LATAR BELAKANG

Outbound adalah kegiatan di alam terbuka. Outbound juga dapat memacu semangat belajar. Outbound merupakan sarana penambah wawasan pengetahuan yang didapat dari serangkaian pengalaman berpetualang sehingga dapat memacu semangat dan kreativitas seseorang. outbound adalah usaha olah diri (olah pikir dan olah fisik) yang sangat bermanfaat bagi peningkatan dan pengembangan motivasi, kinerja dan prestasi dalam rangka melaksanakan tugas dan kepentingan belajar pada anak didik secara lebih baik lagi.

Outbound merupakan kegiatan yang sarat game dan tantangan bukan hanya mampu mengusir segala kejenuhan akibat rutinitas harian di sekolah, namun lebih dari itu sebenarnya aktivitas yang disajikan dalam outbound mengandung nilai-nilai pendidikan.

TPQ Robbani pada tanggal 24 Mei 2009 Telah mengadakan kegiatan outbound ini yang diikuti oleh seluruh santri kelas III dan IV sebanyak 30 orang santri, sedangkan santri kelas I dan II akan mengikuti kegiatan ini pada tahapan selanjutnya.

Diharapkan setelah mengikuti pelaksanaan kegiatan outbound ini santri akan menjadi lebih berani, disiplin dan bertanggung jawab,

Tujuan dan Manfaat Outbound

Tujuan outbound secara umum untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri (mereka yang berkelainan) dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama.

dari sebuah kegiatan outbound akan bisa didapat beberapa manfaat seperti :

· Komunikasi membaik.

Bila memang outbound tersebut berhasil, anak akan memiliki pola komunikasi yang membaik, entah itu dengan orangtua maupun teman dan membuka wawasan baru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, dan bekerjasama dengan orang lain.

· Problem solving

Kemampuan anak memecahkan masalah akan dilatih dalam outbound. Contohnya saat si anak dan timnya dapat berhasil memecahkan suatu teka-teki untuk mendapatkan poin tambahan, sebelumnya ia pasti telah mengerahkan pikiran untuk menganalisa dan mencari jawabannya.

· Kreativitas

Berbagai macam permainan pun dirancang sedemikian rupa untuk merangsang kreativitas anak. Sehingga akan memberikan pengalaman untuk mandiri, dan menyelesaikan masalah serta meningkatkan kemampuan kreatif dalam memecahkan masalah.

· Keberanian

Anak yang semula memiliki rasa takut karena terbiasa dengan orangtua yang over-protective dapat ‘memaksakan’ dirinya untuk jadi lebih berani pada permainan yang menuntut keberanian seperti flying fox ataupun jalan di atas bambu sehingga akan Meningkatkan rasa percaya diri.

1 komentar: