Kamis, 18 Juni 2009

TPQ ROBBANI


PROFIL

TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN ROBBANI

YAYASAN AL-HUDA TALANG SARONGGI SUMENEP


PENDAHULUAN

Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ”ROBBANI” merupakan lembaga otonom dari Takmir Masjid Jami’ Al-Huda Talang Saronggi Sumenep. Hal ini sesuai dengan hasil Musyawarah Takmir Masjid Jami’ Al-Huda Talang. Lembaga ini didirikan pada hari Jum’at tanggal 20 Agutsus 2007 bertepatan dengan tanggal 05 Rajab 1428 H di Masjid Jami’ Al-Huda Talang Saronggi Sumenep dengan nama Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ”ROBBANI”.

Gerak dan langkah nyata TPQ ”ROBBANI” dalam upaya pembinaan dan pengembangan gerakan membaca, menulis, memahami dan mengamalkan Al Qur’an pendidikan dan pengajaran Al-Qur’an dan materi lain yang mendukung terbentuknya kepribadian Muslim yang sempurna.

Sampai saat ini TPQ ”ROBBANI” telah mampu mendidik santri sebanyak 85 santri/wati dengan tenaga kependidikan 12 orang ustadz/ah.

VISI

Insya-Allah, mengantarkan santri/wati TPQ ”ROBBANI” yang dapat membaca Al-Qur’an, beribadah dan berprestasi dengan baik.

MISI

  • Membina santri/wati untuk mampu membaca Al-Qur’an dengan tartil memenuhi kaidah-kaidah tajwid dan bacaan-bacaan gharib dalam Al-Qur’an
  • Membina santri/wati untuk mampu dan rajin beribadah, khususnya dalam membaca Al-Qur’an, melaksanakan sholat dan berkepribadian muslim dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membina santri/wati untuk memiliki kemampuan skile sesuai kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti
  • Memberi dukungan kepada santri/wati untuk berprestasi dalam setiap even perlombaan yang diikuti
  • Terbinanya suasana pendidikan dinamis yang melibatkan Ta’mir Masjid Jami’ Al-Huda, ustadz/ah, santri/wati, orang tua dan masyarakat

FUNGSI

Sebagai wahana pelayanan ummat dalam bidang pendidikan dan pengajaran Al Qur’an terutama untuk kalangan anak-anak lingkungan masjid dan sekitarnya.

TUJUAN

Mewujudkan generasi Qur’ani yaitu generasi ummat yang beriman dan bertaqwa yang menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama dan pedoman hidupnya, berakhlak mulia sehat, cerdas dan mempunyai kemandirian yang dinamis serta rasa tanggungjawab sosial yang tinggi dalam tatanan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar